Apa yang perlu saya tahu sebelum membeli PC | Tips saat membeli komputer

Apa yang perlu saya tahu sebelum membeli PC?

Ketika berbelanja mencari PC, pertama pertimbangkanlah kebutuhan Anda. Ajukan pertanyaan seperti “Apa yang saya butuhkan dari komputer saya?” atau “Bagaimana saya akan menggunakannya?” Memahami kebutuhan Anda dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih pintar. Dari sana, Anda dapat mulai mempersempit pilihan untuk menghindari kewalahan oleh berbagai macam pilihan PC yang tersedia di toko.
Pertama, pertimbangkanlah bentuknya. Apakah Anda berencana bekerja di rumah atau Anda perlu membawa pekerjaan ke manapun Anda pergi? Pertanyaan ini membantu Anda memutuskan apakah sebaiknya membeli desktop atau notebook. Jika Anda hanya ingin PC untuk di rumah Anda, desktop yang memberikan performa lebih baik adalah pilihan yang baik. Di sisi lain, notebook memberi Anda pilihan untuk bekerja dari rumah atau membawanya bersama Anda. Untuk PC mobile yang ultra ramping, ultra responsif, Ultrabook baru menawarkan performa tanpa kompromi dari PC berukuran penuh dengan desain yang luar biasa tipis dan ringan.

Sekarang setelah mempertimbangkan bentuknya, mari kita perhatikan apa yang sebenarnya Anda beli.
Prosesor
Sebagai otak komputer Anda, prosesor bertanggung jawab untuk menjalankan tugas harian Anda dengan lancar. Pilihlah prosesor yang cukup cepat untuk mengerjakan apa yang Anda butuhkan, dengan kekuatan ekstra untuk hal-hal yang mungkin ingin Anda lakukan nanti. Memahami apa yang Anda butuhkan dari komputer Anda akan membantu Anda memilih prosesor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
RAM
Random Access Memory, lebih dikenal sebagai RAM, merupakan bagian dari komputer Anda yang menyimpan informasi selama Anda menggunakannya. Jika Anda berencana untuk menggunakan PC untuk tugas-tugas yang menuntut lebih seperti mengedit video atau bermain game, RAM yang lebih banyak akan memungkinkan Anda melakukan tugas-tugas lebih cepat dan lancar.
Hard Drive
Hard drive atau hard disk adalah tempat Anda menyimpan file dan program pada komputer Anda. Tergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk PC Anda, ada berbagai hard drive dalam berbagai ukuran dan kecepatan. Jika Anda tidak yakin berapa banyak ruang yang Anda mungkin perlukan, mendapatkan drive yang lebih besar selalu merupakan ide yang baik. Anda juga bisa mendapatkan hard drive portable atau thumb drive jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang.
Konektivitas
Jika Anda harus membawa-bawa pekerjaan, Wireless Network Card (Kartu Jaringan Nirkabel) memungkinkan Anda tetap terhubung di mana-mana. Memberi Anda akses Internet di manapun Anda berada dan wajib dimiliki untuk notebook karena menghilangkan kebutuhan terhadap koneksi kabel. Jika Anda bekerja di rumah, terhubung ke Internet secara nirkabel memberi Anda kebebasan menggunakan PC di ruang belajar atau bahkan di meja dapur Anda.
Ada banyak faktor lain yang dapat Anda pertimbangkan ketika membeli PC (kartu grafis terintegrasi vs kartu grafis terpisah, berapa banyak core prosesor Anda, clock speed (kecepatan clock), jumlah prosesor, dll). Yang paling penting adalah memahami kebutuhan Anda untuk membantu Anda membuat pilihan pintar dalam mendapatkan sebuah PC yang tepat bagi Anda.